-->

Audio lingual method adalah salah satu metode dalam pengajaran bahasa asing


Audio lingual method adalah salah satu metode dalam pengajaran bahasa asing
 Audio lingual method adalah salah satu metode dalam pengajaran bahasa asing yang menekankan pada pemahaman mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing). Metode ini didasarkan pada sebuah teori prilaku ( behaviorist theory ). Yaitu teori tentang perubahan tingkah laku yang berasal dari pengalaman. Metode ini juga merupakan gaya pengajaran yang digunakan dalam mengajar bahasa asing yang mengakui bahwa sifat atau ciri tertentu dari makhluk hidup dapat dilatih melalui sistem penguatan yang menekankan ajaran mendengarkan dan berbicara sebelum membaca dan Menulis.  Bentuk kegiatan pengajaran dan pembelajaran metode ini pada dasarnya adalah sebuah percakapan dan latihan (drills) dan pola latihan (pattern practice). Maka bisa disimpulkn bahwa metode ini adalah pengulangan dan penghafalan menjadi aktivitas dominan dalam metode ini.

       Metode ini merupakan langkah besar dalam metodologi pengajaran bahasa yang ditujukan untuk kompetensi komunikatif dalam pembelajaran bahasa, tetapi dalam metode lingual audio tidak fokus pada pengajaran kosa kata. Siswa dibangun untuk mempraktikkan penggunaan tata bahasa secara spontan, bentuk bahasa dan pola yang belum pernah mereka dengar sebelumnya.  Ada beberapa prinsip audio lingual method, yaitu :

    Bahasa adalah suara, bukan teks.
    Bahasa adalah seperti apa yang dikatakan penutur asli.
    Setiap bahasa berbeda.
    Baelajar bahasa kedua pada dasarnya adalah proses membangun kebiasaan mekanistik.
    Belajar keterampilan bahasa lebih efektif jika aspek bahasa sasaran dipelajari dengan mengetahui suara sebelum tulisannya.
    Belajar kemampuan bahasa dimulai dengan proses: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis

 Bagaimana cara menerapkan teknik audio lingual method ? Ada beberapa teknik yang bisa diterapkan oleh seorang pengajar diantaranya adalah menghafal dialog , dalam teknik ini siswa menghafal dialog singkat atau percakapan antara dua orang .  Terakhir adalah Build-up (ekspansi) Drill. Drill digunakan ketika siswa mengalami kesulitan dalam menghafal dialog panjang. Teknik lainnya adalah Single slot substitusi, di sini, guru membaca satu baris dialog, maka siswa mengatakan beberapa kata atau kelompok kata. Siswa diminta untuk mensimulasikan dengan memasukkan kata atau kelompok kata dengan benar ke dalam dialog sebelumnya. Beberapa slot Drill substitusi, ini adalah latihan yang sama dengan satu slot substitusi drill, tapi lebih besar. Tidak hanya satu dialog, tetapi dialog penuh. Seperti contoh seorang guru memberikan siswa sebuah kalimat, maka siswa diminta untuk mengubah kalimat menjadi bentuk yang berbeda seperti: interogatif, negatif, positif, pasif, keharusan, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat....... :)
Agus Ryandri An English Course Trawas-Mojokerto

Free Konsultasi:

2 Responses to "Audio lingual method adalah salah satu metode dalam pengajaran bahasa asing "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel