-->

Tips bahasa inggris – Bagaimana cara memperlancar bahasa Inggris ?


Tips bahasa inggris – Bagaimana cara memperlancar bahasa Inggris ?
        Tips bahasa inggris – Bagaimana cara memperlancar bahasa Inggris ? Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa Inggris adalah bahasa penting untuk dipelajari. Dengan menguasai bahasa Inggris maka banyak keuntungan yang kita dapat. Sejumlah manfaat dari belajar bahasa Inggris, seperti kita dapat pergi ke banyak tempat dan berkomunikasi dengan lancar. Manfaat lainnya adalah kita akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau beasiswa. Karena bahasa inggris adalah bahasa ilmu pengetaguan, teknologi, diplomasi, dan pariwisata. Sayangnya bagi sebagian pelajar (English Language Learner) belum mengetahui cara memperlancar bahasa inggris mereka. Karena dengan cara dan metode yang tepat , maka proses belajar bahasa inggris untuk pemula tidaklah sulit. Apa sajakah cara atau tips bahasa inggris ?

   1.  Mencoba berbicara bahasa Inggris setiap hari walaupun sedikit

Cobalah untuk memulai berbicara bahasa Inggris meskipun 1 atau 2 kalimat perhari. Tidak masalah jika kita hanya tahu lima kosa kata bahasa Inggris. Karena kunci mempelajari bahasa inggris adalah seberap sering kita mempraktekkannya.  Kadang bagi kita (english language learner) menunggu sampai  "merasa PD & Berani " berbicara bahasa Inggris. Sehingga tanpa disadari kita membuang-buang waktu meningkatkan bahasa inggris kita. Sehinggaa yang perlu kita lakukan adalah mencoba mendorong diri kitai keluar dari zona ketakutan dan mulai berbicara bahasa Inggris hari ini. Ketika kita sering mempraktekkannya , tanpa kita sadari kemampuan bahsa inggris kita membaik.

   2.  Membawa Kamus

Membawa Kamus Bahasa Inggris setiap saat (baik berupa buku atau aplikasi telepon) dapat sangat berguna. Memiliki Kamus berarti bahwa kita tidak akan pernah terjebak pada sebuah kata. Kita bisa bayangkan ketika kita sedang berbicara bahasa inggris , kemudian tiba-tiba ditengah-tengah pembicaraan kita lupa akan kata yang akan kita ucapkan. Pasti kita akan merasa binggung.  Hal ini juga sangat membantu kita. Seperti hanya ketika kita mempunyai waktu luang, seperti ketika kita sedang duduk di kereta, menunggu seseorang  atau hanya saat kita menikmati secangkir kopi.  Kita bisa belajar ekstra 20 sampai 30 kata bahasa Inggris per hari menggunakan teknik ini! Sebagai pemula, Kita harus mulai dengan kamus bahasa Inggris yang menyediakan definisi dalam bahasa asli kita. Namun, setelah meningkatkan kemampuan bahasa Anda, Anda harus beralih menggunakan Kamus bahasa Inggris-Inggris, yang memberikan definisi bahasa Inggris untuk kata bahasa Inggris.

   3.  Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris dan menggunakan frase idiomatik

 Semakin luas Kosakata bahasa inggris kita dan frase bahasa Inggris yang kita pelajari,akan membuat kita lebih mudah dalam berbicara. ”MORE VOCABULARY YOU HAVE, MORE SPEAK YOU CAN”. Banyak cara bagi kita untuk memperbanyak kosa kata bahasa inggris secara alami, seperti membaca, menonton film berbahasa inggris, dan mendengarkan lagu-lagu atau berita dalam bahasa inggris. Setelah itu apa step selanjutnya?  Setelah kita mendapatkan kata baru atau frase, upayakan untuk menggunakannya karena itu adalah cara terbaik untuk menghubungkan ke long term memory yang kita punya. Cara lain yang mudah untuk memperkaya kosa-kata adalah membuat tulisan-tulisan yang ditempatkan pada barang-barang di rumah kita. Jadi, ketika kita dirumah, maka secara tidak langsung akan melihat kosa-kata yang kita tulis. Dan hal seperti bersifat long term memory. Kita juga bisa meniru ungkapan-ungkapan  idiomatik yang digunakan penutur bahasa Inggris sepanjang waktu. Beberapa contoh termasuk  "it’s raining cats and dogs " yang berarti (hujan lebat), atau mengatakan "piece of cake "  yang berarti (ini hal yang sangat mudah).

    4. Menghadiri kelas bahasa Inggris atau kelompok diskusi


Menghadiri kelas bahasa Inggris adalah cara yang bagus untuk menambah beberapa aspek yang lebih formal dalam bahasa Inggris. Sebuah kelas akan mengajarkan cara yang benar secara gramatikal yang mencakup struktur kalimat yang tepat dan konjugasi kata kerja. Dan umumnya akan memberikan pendekatan yang sangat terstruktur untuk belajar bahasa. Menghadiri kelompok diskusi adalah cara yang lebih informal dan santai belajar bahasa Inggris, di mana penekanan akan lebih pada membangun komunikasi bahasa Inggris. Dan pastinya itu akan membantu kita menjadi lebih nyaman berbicara di depan orang lain.

   5.  Memperbaiki pengucapan Bahasa Inggris kita (Pronunciation)


Meskipun kita memiliki pemahaman akan bahasa inggris dengan tata bahasa yang baik dan kosa kata yang luas, penutur asli bahasa Inggris mungkin akan mendapatkan kesulitan untuk memahami pengucapan kita. Maka, pengucapan yang jelas sangat penting jika kita benar-benar ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendengarkan penutur asli dalam berbicara dan mencoba untuk menirunya. Memperhatikan setiap suara yang tidak terbiasa kita ucapkan atau yang tidak ada dalam bahasa asli kita. Sebagai contoh, beberapa orang mengalami kesulitan mengucapkan suara "r " , karena tidak ada dalam bahasa asli mereka, sementara orang lain mengalami kesulitan dengan kelompok konsonan tertentu, seperti  suara "th ". Ketahuilah bahwa pengucapan kata bahasa Inggris tertentu sangat bervariasi tergantung pada siapa yang mengucapkannya. Sebagai contoh, bahasa Inggris Amerika sangat berbeda dari Inggris Inggris. Jika Anda bermaksud untuk melakukan perjalanan ke atau tinggal di negara yang berbahasa Inggris, ini adalah sesuatu yang Anda harus memperhitungkan ketika belajar bagaimana mengucapkan perkataan tertentu.

Tips diatas adalah sebagian kecil tips bahasa Inggris. Semua orang mempunyai caranya tersendiri dalam mempelajari suatu bahasa yang baru. Temukan caranya dan lakukan because PRACTICE MAKES PERFECT.

SEMOGA BERMANFAAT....:0                    
Agus Ryandri An English Course Trawas-Mojokerto

Free Konsultasi:

0 Response to "Tips bahasa inggris – Bagaimana cara memperlancar bahasa Inggris ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel