-->

Grammar Translation Method


Grammar Translation Method
Grammar Translation Method adalah salah satu metode yang umum digunakan sebagai metode  pembelajaran bahasa asing. Grammar Translation Method adalah metode yang dominan digunakan di Eropa pada abad ke-19. Banyak peneliti dan linguis mendefinisikan bahwa metode Grammar Translation Method adalah salah satu metode yang diterapkan dalam pengajaran bahasa asing. Dengan metode ini, siswa belajar aturan tata bahasa dan kemudian menerapkan aturan tersebut untuk menerjemahkan kalimat antara bahasa target dan bahasa asli mereka. Selain itu para ahli menyatakan bahwa Grammar Translation Method adalah salah satu metode paling efektif yang dapat digunakan untuk membaca dan menerjemahkan kalimat yang menunjukkan aturan tata bahasa untuk memperoleh kemampuan  bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau second language. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode penerjemahan tata bahasa (GTM) adalah metode pembelajaran pengajaran yang berfokus pada aturan tata bahasa dan penerjemahan dan juga merupakan purpose grammar translation method.



    Principles of Grammar Translation Method

Setiap metode pembelajaran mengajar memiliki aturannya sendiri. Begitupun dengan Grammar Translation Method. Dalam pengajaran bahasa menyatakan bahwa metode penerjemahan tata bahasa memiliki beberapa aturan. Aturannya adalah:

    Menerjemahkan pesan-pesan tertulis

Hal ini berarti menerjemahkan bahasa target ke bahasa asli atau menerjemahkan bahasa asli ke bahasa target.

    Membaca komprehensi dari sebuah pertanyaan

Hal ini berarti menemukan informasi dalam suatu bagian, membuat kesimpulan dan berhubungan dengan pengalaman pribadi.

    Antonym/sinonim

Menemukan Antonim dan sinonim dari kat-kata atau bagin dari kata-kata.

    Cognates

Cogates adalah belajar pola ejaan / suara yang sesuai antara bahasa asli dan bahasa target.

    Penerapan aturan deduktif

Ini berarti mengerti dan memahami aturan tata bahasa (grammar) dan ekspektasinya, kemudian menerapkannya pada contoh baru.

    Mengisi celah dalam kalimat

Ini berarti mengisi celah dalam kalimat dengan kata baru atau item dari jenis tata bahasa tertentu.

    Hafalan

Ini berarti menghafal daftar kosa kata, aturan gramatikal, dan paradigma gramatikal.

    Menggunakan kata-kata dalam setiap kalimat

Ini berarti para siswa membuat kalimat untuk mengilustrasikan mereka mengetahui arti dan penggunaan kata baru.

    Komposisi

Ini berarti siswa mengetahui tentanng penggunaan sebuah topik bahasa target.

Meskipun, metode penerjemahan tata bahasa ini atau GTM memiliki sembilan aturan, tetapi tidak semua aturan dipraktekkan dalam proses belajar mengajar. Sebagian besar guru menerapkan metode ini melewatkan beberapa aturan.

    Advantage and Disadvantage of Grammar Translation Method

Tidak diragukan bahwa setiap metode tunggal memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan Technique Grammar Translation Method. Pengajaran bahasa target dengan cepat dijelaskan dalam GTM, guru dan siswa mudah untuk berkomunikasi, dan siswa mudah mengerti karena pelajaran gramatikal. Namun, dilain sisi metode ini juga mempunyai kekurangan yaitu metode penerjemahan tata bahasa tidak memiliki ruang lingkup untuk komunikasi yang efektif dan sangat membosankan bagi pelajar, memperlukan waktu yang lama dan membuat pelajar berpikir dalam L1 (bahasa pertama). Oleh karena itu, metode penerjemahan tata bahasa memperluas pengetahuan dan informasi siswa dengan berfokus pada penjelasan guru. Sementara itu, cara mengajar Guru sangat diperlukan untuk menjaga perhatian siswa agar tetap fokus dalam penggunaan metode Grammar Translation Method .

    Purpose Grammar Translation Method

Beberapa linguis telah memberikan analisis dan pandangan mereka mengenai purpose grammar translation method dalam proses belajaran mengajar. Technique of grammar translation method atau tekhnik penerjemahan membantu kita memahami pengaruh dari satu bahasa di yang lain. Misalnya,an kesaahan pada saat menstransfer dari bahasa pertama atau bahasa asli,  mereka secara langsung akan menyadari kesalahannya tersebut,  dan mereka akan mencoba untuk menghindari membuat kesalahan tersebut ketika melakukannya dalam proses transfer bahasa kedua. Ketika kesalahan terjadi, para siswa akan dapat menjelaskan mengapa dan mencoba untuk tidak membuat kesalahan yang sama lagi. Dengan demikian, metode penerjemahan tata bahasa berguna untuk menggunakan urutan kata yang benar dan struktur standar.

Thank You :)

Agus Ryandri An English Course Trawas-Mojokerto

Free Konsultasi:

2 Responses to "Grammar Translation Method"

  1. Hello I am so delighted I located your blog, I really located you by mistake, while I was watching on google for something else, Anyways I am here now and could just like to say thank for a tremendous post and a all round entertaining website. Please do keep up the great work. 어린이 화상영어

    ReplyDelete
  2. I likewise love English on the grounds that beautiful phrasings and striking symbolism have large amounts of both old and new articulations. I picture tall cruising boats and Errol Flynn films when I hear somebody state, "She breezed through her test decisively." ESL English as a Second Language

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel