-->

Bagaimana cara belajar bahasa Inggris untuk anak usia dini ?


     Bagaimana cara belajar bahasa Inggris untuk anak usia dini ? Pertanyaan itu sering terlontarkan dari para orang tua yang ingin mengajari anak mereka bahasa inggris pada usia dini . Orang tua sangat berperan aktif dalam proses tumbuh kembang anak-anaknya. Dan konsistensi orang tua adalah mereka menjadi model pembelajaran bagi anak-anak nya. Oleh karena itu, banyak orang tua yang mengajarkan hal-hal baru kepada anak mereka. Salah stunya beberapa orang tua ingin mengajari anak mereka bahasa Inggris di rumah, tetapi tidak tahu bagaimana cara mengajar bahasa inggris untuk anak usia dini. Mereka tidak tahu bagaimana pendekatan-pendekatan yang tepat dalam mengajarkan anak-anak bahasa Inggris.

Bagaimana cara mengajarkan anak berbahasa inggris di rumah?

     Banyak orang tua ingin mengajari anak mereka bahasa Inggris di rumah, tetapi tidak tahu apa langkah pertama yang harus dilakukan. Bukanlah masalah jika kita para orang tua tidak mempunyai kemampuan bahasa inggris yang baik. Faktor yang paling penting untuk orang tua adalah kita antusias  dan memberi anak kita banyak dorongan dan pujian.  Dan secara psikologi anak kita akan merasa antusias dalam belajarbahasa inggris. Tidak perlu khawatir jika anak kita tidak segera berbicara bahasa Inggris. Mereka akan membutuhkan waktu tertentu untuk menyerap bahasa. Bersabar dan mereka akan mulai berbicara bahasa Inggris dalam waktu mereka sendiri.

Membangun rutinitas


     Tetapkan rutinitas untuk waktu berbahasa Inggris di rumah. Cobalah untuk berbicara bahasa inggris  meskipun dengan durasi yang pendek. Lima belas menit sudah cukup untuk anak sekolah dasar atau usia dini. Tapi salah satu kuncinya adalah intensive (dengan mempraktekkannya setiap hari). Cobalah untuk melakukan kegiatan tertentu pada waktu yang sama setiap hari. Anak akan merasa lebih nyaman dan percaya diri dan mereka akan menjadi terbiasa. Misalnya, kita bisa memainkan permainan bahasa Inggris setiap hari setelah sekolah, atau membaca cerita bahasa Inggris dengan anak kita sebelum tidur. Jika kita memiliki ruang di rumah, kita dapat membuat sudut bahasa Inggris di mana kita menyimpan sesuatu yang berhubungan dengan bahasa Inggris, misalnya buku, game, atau DVD. Pengulangan sangat penting – anak sering kali perlu mendengar kata dan frasa berkali-kali sebelum mereka merasa siap untuk berbicara bahasa inggris.

Bermain game

     Anak belajar secara alami ketika mereka sedang bersenang-senang. Itu adalah momen terpenting belajar bahasa inggris untuk anak usia dini. Flashcards adalah cara yang bagus untuk mengajar dan merevisi kosakata dan ada banyak permainan berbeda yang dapat Anda mainkan dengan flashcards, seperti Memory, game Kim, snap atau Happy Families. Ada banyak jenis permainan untuk anak usia dini dalam membantu mereka berlatih bahasa Inggris.


Menggunakan situasi sehari-hari


     Keuntungan dari mengajar bahasa Inggris di rumah adalah bahwa kita dapat menggunakan situasi sehari-hari dan benda nyata dari seluruh rumah untuk mempraktekkan bahasa secara alami dan dalam konteks. Sebagai contoh:

  •     Bicara tentang pakaian ketika anak kita berpakaian, atau ketika Anda menyortir cucian (‘Let’s put on your blue socks’, ‘It’s Dad’s T-shirt’, etc.).
  •     Berlatih Kosakata dalam konteks mainan ketika merapikan koleksi mainan mereka (‘Let’s put your teddy bear on the bed!’, ‘Where is the blue car?’).
  •     Ajarkan Kosakata makanan saat kita memasak atau berbelanja(use pictures or words depending on their age).

Menggunakan cerita

     Anak-anak lebih menyukai buku dengan warna cerah dan ilustrasi yang menarik. Lihat gambar bersama-sama dan mengucapkan kata-kata seperti yang ada di gambar. Kemudian kita dapat meminta anak kitaa untuk menunjuk ke hal yang berbeda, misalnya ' Where is the cat? ' Setelah beberapa saat mendorong mereka untuk mengucapkan kata dengan bertanya ' What is that? ' Mendengarkan cerita akan membuat anak kita terbiasa dengan suara dan irama bahasa Inggris.

Menggunakan lagu

     Lagu adalah cara yang sangat efektif untuk mempelajari kata baru dan meningkatkan pengucapan. Lagu adalah salah satu cara yang paling sering digunakan untuk mengajarkan anak bahasa inggris..

Pengajaran tata bahasa

     Orang tua tidak perlu mengajarkan aturan tata bahasa secara eksplisit kepada anak-anak nya , hal yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah membuat mereka terbiasa mendengar dan menggunakan struktur gramatikal yang berbeda dalam konteks, misalnya ' have ' ketika Anda berbicara tentang penampilan seseorang, atau ' must/mustn't ' ketika berbicara tentang aturan sekolah mereka. Mendengar tata bahasa yang digunakan dalam konteks dari usia dini akan membantu anak kita untuk menggunakannya secara alami dan benar ketika mereka lebih tua.

Manakah kata dan ungkapan yang hendaknya saya ajarkan terlebih dahulu?

     Materi bahasa inggris untuk anak usia dini juga harus diperimbangkan untuk memutuskan topik mana yang diajarkan. Kita mungkin dapat memulai dengan beberapa topik ini:

  •     Nomor (1 – 10; 10 – 20; 20 – 100)
  •     Warna
  •     Kata sifat (besar, kecil, tinggi, bahagia, sedih, lelah)
  •     Bagian tubuh
  •     Pakaian
  •     Hewan (misalnya hewan peliharaan, hewan ternak, hewan liar)
  •     Makanan

     Poin-poin diatas adalah sebagian kecil dari cara belajar bahasa inggris untuk anak usia dini. Apa pun pendekatan kita, hal yang paling penting adalah bersenang-senang dan membuat belajar bahasa Inggris menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi orang tua dan anak.


Agus Ryandri An English Course Trawas-Mojokerto

Free Konsultasi:

0 Response to "Bagaimana cara belajar bahasa Inggris untuk anak usia dini ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel