-->

Sejarah Bahasa Inggris - Asal mula Bahasa Inggris.


Sejarah Bahasa Inggris - Asal mula Bahasa Inggris. Sejarah bahasa Inggris sebenarnya dimulai dengan kedatangan tiga suku Jerman yang menyerang Inggris pada abad ke-5 Masehi. Suku-suku tersebut adalah suku Angles, Saxon dan Jutes, mereka menyeberangi Laut Utara yang sekarang adalah Denmark dan Jerman Utara. Pada waktu itu penduduk Britain berbicara satu bahasa Celtic. Tapi sebagian besar penutur Celtic didorong ke Barat dan utara oleh penjajah-terutama ke Wales, Skotlandia dan Irlandia. The Angles berasal dari  "Englaland " [sic] dan bahasa mereka disebut "Englisc "-dari mana kata  "Inggris " dan "bahasa Inggris " berasal.

Bahasa Inggris kuno (450-1100 m)

Suku Jermanik yang menyerang berbicara bahasa yang sama, yang di Britania berkembang menjadi apa yang sekarang kita sebut bahasa Inggris kuno. Bahasa Inggris lama tidak terdengar seperti bahasa Inggris hari ini. Penutur asli bahasa Inggris sekarang akan kesulitan besar memahami bahasa Inggris lama. Namun demikian, sekitar setengah dari kata yang paling umum digunakan dalam bahasa Inggris modern memiliki akar bahasa Inggris lama. Kata-katanya, kuat dan air, misalnya, berasal dari bahasa Inggris kuno. Bahasa Inggris lama diucapkan sampai sekitar 1100.

Inggris tengah (1100-1500)


Pada 1066, William (bagian dari Perancis modern), menyerbu dan menaklukkan Inggris. Penakluk baru (disebut Normandia) membawa bahasa Perancis, yang menjadi bahasa Istana Kerajaan, dan kelas penguasa dan bisnis. Untuk periode ini ada semacam pembagian kelas linguistik, di mana kelas yang lebih rendah berbicara bahasa Inggris dan kelas atas berbicara bahasa Prancis. Pada abad ke-14 bahasa Inggris menjadi dominan di Britania lagi, tetapi dengan banyak kata Perancis ditambahkan. Bahasa ini disebut bahasa Inggris pertengahan. Itu adalah bahasa dari penyair besar Chaucer (c1340-1400), tetapi masih akan sulit bagi penutur asli bahasa Inggris untuk memahami hari ini.

Bahasa Inggris modern

Bahasa Inggris modern awal (1500-1800)

Menjelang akhir bahasa Inggris pertengahan, perubahan pengucapan yang mendadak dan berbeda (Great vowel Shift) dimulai, dengan vokal yang diucapkan lebih pendek. Dari abad ke-16, Inggris telah berhubungan dengan banyak orang dari seluruh dunia. Dunia percetakan juga membawa Standardisasi ke bahasa Inggris. Ejaan dan tata bahasa menjadi tetap, dan dialek London, di mana kebanyakan rumah penerbitan itu, menjadi standar. Pada 1604, Kamus bahasa Inggris pertama diterbitkan.

Akhir modern Inggris (1800-sekarang)

Perbedaan utama antara bahasa Inggris modern awal dan akhir modern Inggris adalah Kosakata. Akhir Inggris modern memiliki lebih banyak kata, yang timbul dari dua faktor utama: pertama, revolusi industri dan teknologi yang menciptakan kebutuhan untuk kata baru; kedua, Kekaisaran Inggris pada puncaknya meliputi seperempat dari permukaan bumi, dan bahasa Inggris mengadopsi kata-kata asing dari berbagai negara.

Varietas bahasa Inggris

Dari sekitar 1600, kolonisasi Inggris di Amerika Utara menghasilkan pembentukan berbagai bahasa Inggris Amerika yang berbeda. Beberapa pengucapan bahasa Inggris dan perkataan  "froze " ketika mereka mencapai Amerika. Dalam beberapa hal, bahasa Inggris Amerika lebih seperti bahasa Inggris Shakespeare dari Inggris modern. Beberapa ungkapan bahwa panggilan Inggris  "Americanisms " sebenarnya ekspresi asli Inggris yang diawetkan dalam koloni sementara hilang untuk waktu di Britania (misalnya sampah untuk omong kosong, pinjaman sebagai kata kerja bukan meminjamkan, dan jatuh untuk musim gugur; contoh lain, frame-up, kembali diimpor ke Inggris melalui film gangster Hollywood). Spanyol juga memiliki pengaruh pada Inggris Amerika (dan kemudian Inggris Inggris), dengan perkataan seperti ngarai, peternakan, Stampede dan main hakim sendiri menjadi contoh kata Spanyol yang memasuki bahasa Inggris melalui pemukiman Amerika Barat. Kata Perancis (melalui Louisiana) dan Afrika Barat kata (melalui perdagangan budak) juga dipengaruhi Inggris Amerika (dan begitu, sampai batas, Inggris Inggris).

Hari ini, Inggris Amerika sangat berpengaruh, karena dominasi Amerika Serikat bioskop, televisi, musik populer, perdagangan dan teknologi (termasuk internet). Tapi ada banyak varietas lain bahasa Inggris di seluruh dunia, termasuk misalnya Inggris Australia, Inggris Selandia Baru , Inggris Kanada, Inggris Afrika Selatan , Inggris India  dan Inggris Karibia.

Agus Ryandri An English Course Trawas-Mojokerto

Free Konsultasi:

1 Response to "Sejarah Bahasa Inggris - Asal mula Bahasa Inggris."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel