-->

Cara belajar Speaking Skill Bahasa Inggris


    Cara belajar Speaking Skill Bahasa Inggris. Ketika kita ingin mempelajari bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Ada beberapa ketrampilan bahasa Inggris yang harus dipelajari. Salah satunya adalah ketrampilan berbicara atau speaking. Mungkin bagi para pemula merasa kebinggungan untuk menemukan metode yang tepat dalam mempelajari ketrampilan bahasa inggris khususnya speaking. Berikut ini adalah beberapa tips untuk belajar speaking skill bahasa Inggris. Jangan lupa bahwa mendengarkan adalah dasar untuk berbicara!  berikut adalah beberapa saran untuk cara meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris.

Temukan mitra untuk percakapan berbahasa Inggris

Pertama-tama, ketika kita mempunyai teman seorang penutur asli (native speaker) maka itu adalah sebuah aset yang sangat penting  karena kita bisa berlatih dengannya. Terlebih jika ada  sebuah club bahasa Inggris di sekitar kita. Jadi kita bisa bergabung dengan klub tersebut  dan itu dapat menjadi cara yang bagus untuk mengasah kemempuan bahasa inggris kita sekaligus mengenal orang secara informal. Adapun cara yang lain adalah dengan club online. Karena banyak dari kita menemukan dan bertemu dengan tutor secara online melalui alat seperti Skype atau Google Hangouts.

Pastikan untuk mendengarkan dengan baik dan juga bicara

Ketika berlatih dengan penutur asli, cobalah untuk menyeimbangkan  antara mendengarkan dan berbicara. Ini adalah salah satu cara untuk mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan kita lontarkan sehingga percakapan akan mengalir bolak-balik. Jika mitra percakapan kita mengajukan pertanyaan dan menjawab panjang lebar, kita selalu dapat mengubah pertanyaan tersebut kembali ke pasangan kita dengan bertanya, "Bagaimana menurut Anda?" atau "bagaimana dengan Anda?"

Rekam pembicaraan kita

Perekaman adalah cara yang bagus untuk mendapatkan manfaat secara maksimal dari percakapan dengan penutur asli. Ketika kita mendengarkan rekaman pembicaraan  lagi, kita  dapat mengevaluasi pengucapan kita sendiri dan kita akan mengetahui bagian-bagian mana yang perlu diperbaiki. Kita juga dapat meninjau isi percakapan, membuat catatan tentang kosa kata baru atau kesalahpahaman, dan mempersiapkan pertanyaan untuk pertemuan berikutnya.

Mengelilingi diri kita dengan bahasa Inggris

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita adalah dengan mengelilingi diri kita dengan bahasa Inggris sebanyak mungkin. Menonton film atau TV dalam bahasa Inggris, dengan sub judul jika kita membutuhkannya, dan menonton program yang sama berulang-ulang. Kebanyakan orang menemukan bahwa mereka menemukan pemahaman yang lebih dari waktu ke waktu. Mendengarkan membantu kita menjadi lebih akrab dengan irama dan intonasi bahasa Inggris. Setelah suara yang kita dengan menjadi akrab, cobalah untuk meniru mereka.

Praktek dengan musik dan film

Dengarkan musik dalam bahasa Inggris dan bernyanyilah mengikuti irama musik yang sedang kita dengarkan. Musik adalah salah satu media terbaik untuk belajar intonasi pengucapan. Mendengarkan dan menyanyikan lagu mungkin juga membantu kita mengingat kosakata dan frase (jika lagu mudah dimengerti), dan itu akan membantu kita belajar untuk mengucapkan irama bahasa Inggris dengan cara yang lebih alami. Dan secara tidak sadar kita dapat menirukan pengucapan penyanyi. Salah satu lagu yang baik untuk ESL atau EFL siswa adalah "tom's Diner" oleh Suzanne Vega karena menggunakan bahasa yang sederhana untuk menggambarkan adegan sehari-hari dan tindakan.  Film adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk belajar bahasa Inggris.  kita akan belajar kosakata, idiom, slang, pengucapan, dan mendengarkan dengan menonton film.

Bacalah dengan lantang

Membaca dengan lantang adalah cara yang bagus untuk berlatih berbicara ketika tidak ada mitra percakapan yang tersedia. Membaca dengan keras memberi kita kesempatan untuk fokus pada pengucapan kita. Pastikan untuk berlatih dengan materi yang kita mengerti. Beberapa dari kita menemukan video online yang memiliki transkrip. Banyak TED Talks, misalnya, termasuk kata-untuk transkrip kata dari pembicaraan. Dengan membaca dengan keras dari transkrip, kita dapat memeriksa pengucapan kita dengan mendengarkan bagaimana pembicara mengatakan sesuatu.

Bicara sendiri

Kadang berbicara sendiri sangat diperlukan dalam belajar speaking skill. Dan secara tidak langsung kita mencoba mengasah kemampuan bahasa ingggris kita. Sekaligus tidak adanya sebuah partner berbicara bukanlah sebuah masalah. Cobalah Awali dengan membicarakan hal-hal yang sederhana di sekitar kita, ("saya minum kopi, dan sekarang aku akan membuka buku saya"). Dengan berbicara kepada diri sendiri, kita bisa menjadi lebih fasih dalam menerjemahkan pikiran kita ke dalam kata yang diucapkan.


Agus Ryandri An English Course Trawas-Mojokerto

Free Konsultasi:

0 Response to " Cara belajar Speaking Skill Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel